0293-326945 fph@unimma.ac.id

 

Pada hari Kamis (6/8) lalu, sebagai rangkaian dari Milad Universitas Muhammadiyah Magelang ke-56, Fakultas Psikologi dan Humaniora mengadakan seminar online melalui aplikasi zoom yang bertemakan      “ Survival Mode : Kreatif di Masa Pandemi ”. Acara tersebut dibuka oleh dekan Fakultas Psikologi dan Humaniora, Prof. Dr. Purwati, MS., Kons “ Dalam situasi seperti ini, perlu bisa bertahan (survive), semua harus beradaptasi dalam segala aspek. Perlu inovasi dan kreatifitas. Sehingga dengan webinar ini harapannya bisa memberikan pencerahan untuk semua peserta dan bisa memberikan manfaat kontribusi untuk masyarakat umum” tuturnya.

Bertugas sebagai moderator, Dwi susanti, MA memperkenalkan dua narasumber dalam acara tersebut, yaitu Prihatin Dwihantoro (Dosen Prodi Ilmu Komuniksi Unimma dan Co-Founder Beciketitik Batik) dan Edgar Hamas (Founder gen.saladin dan Penulis).

Mengutip dari youtube Humas Unimma, menurut Prihatin Dwihantoro, “Kreatifitas itu tidak harus baru, mulailah dengan memperhatikan sekitar, apa yang ada di daerah kita, kemudian dikembangkan untuk menjadi hal yang berbeda”.  Sementara itu, Edgar Hamas lebih banyak membahas tentang spiritualpreneurship. Beliau menyampaikan bahwa ada beberapa hal tentang sudut pandang yang perlu dibersihkan, seperti pendidikan kita mengajarkan tentang materi, dunia mengabarkan kita cara kerja bukan memaknai kerja, dan kita serampangan mendefinisikan kebahagiaan.

Seminar online tersebut berjalan dengan lancar sampai dengan akhir acara dengan diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan umum. Menariknya ada teman tuli yang didampingi oleh teman-teman difabel penerjemah bahasa isyarat.

 

Penulis : Alfia Liza Sariningtyas