0293-326945 fph@unimma.ac.id

Setelah sehari sebelumnya berkunjung ke Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, pada tanggal 31 juli 2018 Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Magelang mengadakan workshop penyusunan kurikulum dengan mendatangkan pemateri pengurus harian ASPIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi) Fajar Junaedi, M.Si. Selain pengurus harian Aspikom beliau juga dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan malang melintang mengajar di berbagai perguruan tinggi di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah sehingga sangat memahami bagaimana menyusun kurikulum sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu komunikasi ke depannya.

Workshop yang diadakan di ruang rapat Fakultas Psikologi dan Humaniora ini dikhususkan untuk dosen-dosen baru Prodi Ilmu Komunikasi yang berjumlah lima orang bertujuan untuk memantapkan dan mereview matakuliah-matakuliah yang sudah dirancang sebelumnya. Sebelum membahas tentang kurikulum ilmu komunikasi secara mendalam, pemateri membahas tentang potensi yang bisa dikembangkan di daerah eks Karesidenan Kedu dan sekitarnya, pasaran, kompetitor, peluang, visi misi universitas, profil lulusan dan yang akan dijadikan ciri khas dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Magelang. Pada pembahasannya pemateri sangat mengapresiasi pada Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Magelang yang menjadikan “Komunikasi Bisnis Berbasis Media dan Digital” sebagai kekhassan. Selain karena kekhasan ini sesuai dengan peluang yang dimiliki oleh UM Magelang, komunikasi bisnis berbasis media dan digital belum dijadikan kekhasan oleh program studi ilmu komunikasi di perguruan tinggi lain. Padahal komunikasi bisnis berbasis media dan digital sangat dibutuhkan oleh masyarakat melihat perkembangan teknologi komunikasi ke depannya.

Pada saat pemaparan tentang kurikulum, pemateri membuat maping yang ada di keilmuwan komunikasi mulai dari yang dasar atau umum kemudian semakin mengerucut sesuai dengan konsentrasi yang akan ditonjolkan dari program studi untuk mempermudah penyusunan kurikulum dari semester satu sampai akhir. Acara yang lebih mengutamakan diskusi antara pemateri dan peserta ini didampingi langsung oleh Ibu Dr. Purwati, M. S. Kons  selaku Dekan plt Fakultas Psikologi dan Humaniora. Sebelum acara ditutup ibu Purwati mengucapkan banyak terimakasih atas ilmu dan kesempatan yang telah diberikan oleh pemateri dan berpesan kalau kerjasama ini akan terus lanjut untuk kemajuan program studi